post

Major League Baseball

Major League Baseball. Baseball merupakan olahraga yang dimainkan oleh dua tim yang saling bertanding. Pelempar (pichter) dari tim yang melempar bola yang disebut bola bisbol, sedangkan pemain (batter) dari tim yang memukul berusaha memukul bola dengan menggunakan tongkat. Tim yang melempar berusaha menangkap bola yang dipukul oleh tim pemukul agar tim yang memukul berubah menjadi tim yang melempar.

Tim pemukul mendapat angka dengan cara berlari berlawanan arah jarum jam untuk pulang ke home plate setelah menyentuh marka di permukaan lapangan bisbol yang disebut base. Olahraga baseball ini memang kurang populer jika dibanding bola basket apalagi sepak bola. Namun di United State of America (USA) olahraga ini malah sangat populer di amerika. Banyak anak kecil yang bercita-cita menjadi pemain baseball disana.

Kepopuleran Baseball di United State of America ditandai dengan banyaknya antusias penonton dalam pertandingan baseball disana. Sebaliknya olahraga sepakbola disana masih kurang antusias dari para penonton. Kepopuleran olahraga Baseball di United State of Amerikan di tandai dengan adanya liga resmi baseball disana atau yang lebih di kenal dengan Major League Baseball (MLB). Major League Baseball (MLB) adalah entitas yang menjalankan dua kompetisi baseball professional di USA. MLB dibagi menjadi dua yaitu Amerika League (sejak tahun 1903) dan National League (sejak tahun 1876).

Musim MLB berlangsung dari minggu pertama di April hingga minggu pertama di bulan oktober, lalu dilanjutkan dengan babak post season dimainkan dibulan oktober. Pada babak postseason, juga digelar world series yang mempertemukan juara American League dan juara National League. Pada bulan juli, juga diadakan pertandingan All-Star Gamepara pemain top sama seperti NBA di sana, serta ada Home Run Derby dimana pemain-pemain yang terpilih mengadu kebolehan dalam membuat home run.

Major League Baseball

Sebuah liga tentu diikuti oleh tim-tim yang mengikuti liga tersebut, di MLB saat ini diikuti oleh 30 tim yang terbagi di 15 American League dan 15 National League. Tim dari American League yaitu Baltimore Orioles, Boston Red Sox, Chicago White Sox, Cleveland Indians, Detroit Tigers, Houston Astros, Kansas City Royal, Los Anggeles Angels of Anaheim, Minnesota Twins, New York Yankees, Oakland Atletics, Seatlle Mariners, Tampa Bay Rays, Texas Ranger, Toronto Blue Jays. Sedangkan tim dari National League yaitu Arizona Diamondback, Atlanta Bravers, Chicago Cubs, Los Angeles Dodgers, Miami Marlins, Milwaukee Brewers, New York Mets, Philadelphia Phillies, Pittsburgh Pirates, San Diego Padres, San Francisco Giants, St. Louis Cardinal dan Washington Nationals.

Tidak lengkap jika kita membahas tentang suatu organisasi tanpa mengetahui siapa pimpinan dibalik organisasi Major League Baseball. Ketua Major league Baseball (MLB) yang pertama adalah Kenesaw Mountain Landis (1920-1944), A. B “Happy” Candler, Sr (1945-1951), Ford Frick (1951-1965), Wiliam Eckert (1965-1968), Bowie Kuhn (1969-1984), Peter Ueberroth (1984-1989), Bart Giamanti dari 1 April 1989 sampai dengan kematianya karena serangan jantung pada 1 September 1989 (1989), Fay Vincent (1989-1992), dan yang sampai sekarang Bud Selig (1998-sekarang).

Walaupun baseball masih belum sepopuler seperti basket dan sepak bola di dunia, namun baseball siap melakukan ekspansi seiring dengan mulai tumbuh popuralitas akan bisball di meksiko dan karibia. Mulai muncul wacana mengenai kemungkinan adanya ekspansi internasional MLB ke Meksiko, Puerto Riko, dan Venezuela. Ya itulah sedikit informasi dari saya mengenai Major League Baseball. Semoga baseball dapat berkembang di Indonesia juga karena olahraga tidak hanya sepak bola dan basket.

 

BACA JUGA: Ichiro Suzuki Pemain Baseball Asal Jepang Terkenal Di Seluruh Dunia

 

One thought on “Major League Baseball

  1. dulu waktu kecil cita2 gua banget nih ikut MLB, apa daya olaraga bisbol di Indonesia payah2 semua, hiks hiks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *